Biografi Michael Jordan, Tokoh Legenda Olahraga Bola Basket Dunia

Biografi Michael Jordan, Tokoh Legenda Olahraga Bola Basket Dunia
Michael Jordan adalah atlet bola basket profesional yang berasal dari Amerika. Ia salah satu atlet basket terbaik yang pernah ada di dunia, tercatat pernah enam kali berhasil menjadi juara NBA (National Basketball Association) bersama klub basket Chicago Bulls (1991-1993, dan 1996-1998), tidak hanya itu, dia mempunyai peran yang sangat besar atas kepopuleran yang dialami oleh NBA (National Basketball Association) adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia, yang sebelumnya tournament basket tersebut masih belum populer seperti saat ini.

Biografi Michael Jordan

Michael Jordan lahir tanggal 17 Februari 1963 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Ia memiliki nama lengkap Michael Jeffrey Jordan. Ia lahir sebagai anak ke-empat dari lima bersaudara yang lahir dari pasangan James dan Delores. Keluarganya pindah ke Wilmington, North Carolina, ketika dia masih balita.

Michael Jordan memiliki tiga kakak laki-laki (Larry Jordan, James R. Jordan, dan Deloris), dan seorang adik perempuan yang bernama Roslyn.

Michael Jordan suka bermain baseball saat dia masih anak-anak, selain bermain basket dia juga bermain sepak bola. Ia mulai senang bermain basket ketika kakaknya, Larry, mengajaknya untuk bermain basket satu lawan satu, namun dari pertarungan tersebut Michael Jordan kalah, kekalahan ini membuat dia bertekad untuk menjadi pemain yang lebih baik.

Jordan bermain basket untuk Laney High School di Wilmington, North Carolina. Namun Michael Jordan dikeluarkan dari tim basket pada tahun kedua. Ia tidak putus asa walaupun dikeluarkan dari team basket, hal tersebut malah membuatnya untuk lebih berprestasi, berlatih berjam-jam di lapangan. "Setiap kali saya bekerja dan sudah bosan dan pikir saya harus berhenti, aku akan menutup mataku dan melihat daftar itu di ruang ganti tanpa nama saya di atasnya," kata Jordan, "dan itu yang biasanya membuat saya pergi lagi." 


Karier Michael Jordan

Karier Michael Jordan diawali dengan membela tim University of North Carolina yang berada di Chapel Hill. Ia masuk di liga basket Amerika NCAA, sebuah ajang kompetisi antar universitas yang menjadi pintu masuk menjadi pemain internasional.

Michael Jordan akhirnya dapat masuk kedalam team. Kariernya menonjol di University of North Carolina di Chapel Hill, di mana dia memimpin Tar Heels ke Kejuaraan liga basket Amerika NCAA, sebuah ajang kompetisi antar universitas yang menjadi pintu masuk menjadi pemain internasional pada tahun 1982. Ia  mendapatkan beasiswa sebagai atlet basket dari University of North Carolina. 

Michael Jordan menjadi populer ketika dia mencetak game winning point di kejuaraan NCAA tahun 1982 saat melawan Georgetown Hoyas. Ia terpilih menjadi pemain terbaik di tingkat college di musim 1983-1984, dan memimpin US Men's Basketball Team untuk meraih Medali Emas Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 1984 di bawah asuhan pelatih Bobby Knight. 

Michael Jordan lulus dari bangku kuliah dan memasuki NBA (National Basketball Association) pada tahun 1984, ia dipilih melalui pilihan ke-tiga (third pick) (First pick: Houston - Hakeem Olajuwon; kedua memilih: Portland - SamBowie) oleh Chicago Bulls, sebuah tim yang hanya memenangkan 28 games pada musim sebelumnya.

Biografi Michael Jordan

Dalam team Chicago Bulls, Michael Jordan mulai dimainkan pada tangal 26 Oktober 1984. Ia berhasil menjadi bintang liga bersama Chicago Bulls. Dengan kemampuannya dalam melakukan dunks, ia berhasil menjadi salah satu top score di liga, rata-rata ia mencetak 28,2 point dalam satu pertandingan, tidak hanya itu, ia juga di nobatkan sebagai Rookie of The Year, dan juga bermain dalam team All-Star.

Pada tahun 1991, Michael Jordan berhasil membawa Chicago Bulls menjadi juara NBA (National Basketball Association) untuk pertama kalinya. Semenjak ia bergabung dengan Chicago Bulls pada tahun 1984, baru dapat menjuarai liga NBA (National Basketball Association) pada tahun 1991. Tidak hanya sekali, namun Chicago Bulls menjadi juara tiga kali berturut (1991, 1992, dan 1993).

Setelah menjuara NBA (National Basketball Association) tiga kali berturut-turut, Michael Jordan memutuskan untuk pensiun dari basket pada tahun 1993-1994 untuk mengejar karier di baseball. Namun ia kembali bermain basket dan bergabung ke Chicago Bulls pada tahun 1995.

Bersama Chicago Bulls, Michael Jordan berhasil menjuarai NBA tiga kali berturut-turut (1996, 1997, dan 1998). Pada tahun 1999, ia memutuskan untuk pensiun dari basket, namun hanya dua tahun ia pensiun, pada tahun 2001 ia kembali bermain basket. Ia bergabung dengan team basket Washington Wizards, dan akhirnya ia memutuskan untuk pensiun dari basket pada tahun 2003 setelah dua tahun membela team basket Washington Wizards.

Selama kariernya di dalam dunia basket, ia telah mengoleksi enam gelar juara NBA dan lima kali ditunjuk sebagai MVP (AOS Most Valuable Player) reguler.

Pasca Pensiun

Setelah memutuskan untuk pensiun dari dunia basket, Michael Jordan menjadi pengusaha. Selain tercatat sebagai pemilik Bobcats, ia sibuk dengan bisnis properti dan bermain di film berjudul Space Jam (1996) dengan tokoh kartun Looney Tunes.

Michael Jordan merupakan pemain basket yang hebat yang pernah ada di dunia. Ia sudah membuktikannya dengan beberapa menjuara liga NBA (National Basketball Association) bersama Chicago Bulls dan mendapatkan penghargaan pemain terbaik.
Semoga bisa bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan tentang biografi legenda basket. 
Biografi Michael Jordan, Tokoh Legenda Olahraga Bola Basket Dunia
Labels: tokoh olahraga basket

Thanks for reading Biografi Michael Jordan, Tokoh Legenda Olahraga Bola Basket Dunia. Please share...!

2 Comment for "Biografi Michael Jordan, Tokoh Legenda Olahraga Bola Basket Dunia"

Suka bermain slot?
mau bonus deposit slot senilai 100%?

yukz join bersama kami di Winning303
Dapatkan akun slot GRATIS

Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

- WA : +6287785425244

Punya Jenius ( bank BTPN )
Mari bergabung bersama kami di Donaco Poker
Gratis Regis & banyak bonus untuk bank BTPN anda
Hub kami.
WHATSAPP : +6281333555662
CS 24 JAM

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Back To Top